Minggu, 20 November 2011

ARYA BELOG

Nama Sri Arya Belog ditemukan dalam kidung Pamacanglah dan Usana Bali yang membantu kakaknya Sri Arya Damar dalam menaklukan Bali pada tahun 1343. Dikisahkan Sri Arya Belog dan Sri Arya Damar memimpin 15.000 prajurit menyerang Bali dari utara,sedangkan Gajah Mada menyerang dari selatan dengan jumlah prajurit yang sama.
Dari uraian Kitab Purana Bali Dwipa dinyatakan " Perang Arya Dhamar saking kulwan anekani perang lan sutanire anama Arya Tan Wikan (Arya Belog), Arya Kenceng, Arya Dhalancang. Yang artinya bahwa pada waktu Adityawarman ke Bali ikut serta pula beliau yaitu: Arya Belog ,Arya Dhalancang, Arya Kenceng.
Sri Arya Damar diperkirakan lahir tahun 1294M dan pada waktu ekspedisi Majapahit ke Bali tahun 1343 beliau diperkirakan berusia 50 tahunan, sehingga sudah sewajarnya mempunyai putra yg sudah dewasa dan ikut serta berperang membantu ayahnya.
Setelah Bali ditaklukan dan tunduk dibawah panji2 Majapahit, maka Maha Raja Majapahit mengangkat seorang Uparaja (raja bawahan Majapahit) dari seorang Brahmana yg dijadikan ksatria atau disebut Brahmana Ksinatria yaitu :Dalem Kresna Kepakisan,yang dalam pemerintahannya dibantu dan didukung oleh para Arya yg merupakan kerabat Maha Raja Majapahit sendiri yang salah satunya adalah Sri Arya Tan Wikan/Sri Arya Belog putra bungsu Adityawarman/Sri Arya Damar untuk menjadi raja daerah/penguasa wilayah/Anglurah di Puri Kaba-Kaba Tabanan.
Sri Arya Belog hanya berputra 2 orang laki-laki bernama: 1. I Gusti Ngurah Gede Kaba-Kaba (menggantikan sebagai raja ke II) dan 2. I Gusti Ngurah Buringkit.
I Gusti Ngurah Gede Kaba-Kaba II hanya beputra 1 orang saja yg melanjutkan tahta sebagai raja ke III. Gusti ngurah Gede Kaba-Kaba III yg dikawinkan dengan sepupu sendiri I Gusti Ayu Buringkit putri dari IGusti Ngurah Buringkit (beliau hanya mempunyai seorang putri saja maka tidak memiliki keturunan lagi).
Dari perkawinan I Gusti Ngurah Gede Kaba-Kaba dengan I Gusti Ayu Buringkit tidak memiliki keturunan, dan itulah yg menjadi masalah penerus tahta. Maka dari itu atas berbagai pertimbangan maka bersama Raja Bali di Gelgel saat itu Dalem Sagening (Raja Bali Putra Dalem Waturenggong, cucu Dalem Ketut Ngulesir dan cicit dari Dalem Kresna Kepakisan) maka disepakati bahwa rahim Igusti Ayu Buringkit diisi benih dari Raja Bali Dalem Sagening (secara rahasia, yang hanya orang dalem Puri dan kerabat terdekat raja saja yg tahu saat itu) agar tahta di Puri Kaba-Kaba tetap berlangsung dengan keputusan bersama bahwa apabila putra Dalem tersebut lahir maka diupacarai layaknya upacara putra dari I Gusti Ngurah Gede Kaba-Kaba III sendiri, dan hingga keturunannya tetap menganggap bahwa Sri Arya Belog adalah leluhurnya. Kemudian lahirlah putranya yg diberi nama I Gusti Ngurah Teges yg kemudian menggantikan kedudukan ayahnya menjadi raja dengan tetap memakai gelar ayahandanya yaitu I Gusti Ngurah Gede Kaba-Kaba III.
Selanjutnya I Gusti Ngurah Teges memiliki banyak putra antara lain:
I Gusti Ngurah Wajangan
I Gusti Ngurah Made Gunung
I Gusti Ngurah Gede Nyambu
I Gusti Ngurah Keladian
I Gusti Ngurah Aseman
I Gusti Ngurah Abian,dll
Setelah salah satu putra dari I Gusti Ngurah Gede Kaba-Kaba III diangkat menggantikannya sebagai raja/Anglurah (yg keturunannya hingga saat ini tetap tinggal di Dalem Puri Kaba-Kaba) maka saudaranya yg lain I Gusti Ngurah Aseman, I Gusti Ngurah Keladian, I Gusti Ngurah Gede Nyambu dllnya tidak menerima keputusan tsb dan memilih meninggalkan istana dengan membawa pusaka2 sakti Majapahit. Beliau-beliau ini meninggalkan istana diiringi banyak rakyat, ada juga pembesar istana, pelayan, dayang-dayang dan pengikutnya yg lain. Mereka meninggalkan istana menuju Den Bukit/Buleleng dan diterima sangat baik oleh Raja Buleleng saat itu I Gusti Anglurah Panji Sakti (karena mereka sama-sama trah Dalem Sagening/Ksatria Dalem) I Gusti Anglurah Panji Sakti juga terlahir dari hubungan antara Dalem Sagening tetapi dengan dayang istana Ni Luh Pasek Gobleg. Karena itulah mereka diterima dengan sangat baik dan diberikanlah tempat di Bakung Buleleng dan lebih lanjut diberikan tempat yg lebih luas lagi di Bondalem Buleleng. keturunan I Gusti Ngurah keladian yang bernama I Gusti Ngurah Radja Tama menduduki daerah bondalem atas perintah Raja Buleleng (I Gusti Anglurah Pandji Sakti), Gusti Gurah Raja Tama diminta untuk melindungi daerah buleleng timur dari gempuran pasukan karang asem kala itu, Gusti Ngurah Raja Tama merupakan salah satu dari Catur Angga truna goak yang menggempur blambangan.
Untuk saat itu dan sekarang ini pula seluruh keturunan Puri Kaba-Kaba, dan Puri/Jro lainnya seketurunannya tetap menyatakan diri sebagai keturunan Sri Arya Belog sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, walaupun trah/darah yg sebenarnya adalah trah/darah Dalem Sagening. (Mengenai trah Dalem dan kesepakatan ini keturunan Sri Arya Belog tidak banyak yg tahu terutama bagi mereka yg jauh merantau. Hal ini hanya diketahui oleh Puri Klungkung, Puri Singaraja/Puri Bangkang, Puri Kaba-Kaba, dan penulis sendiri serta beberapa keturunannya yg tahu. Mungkin sengaja disamarkan agar segenap keturunan Sri Arya Belog tetap menghormati Bhatara Sri Arya Belog sebagai leluhurnya.
Semoga pikiran yg baik datang dari segala penjuru....Om Shanti...Shanti....Shanti.....Om.

20 komentar:

  1. I Gusti Ngurah Aseman bukan anak dari I Gusti Ngurah teges....agak melenceng sejarahnya...suksma

    BalasHapus
  2. iya betul, yg sy tahu, istri beliau ngaturang ayah ke Dalem dan di benihi, lahirlah Gst Ngr Teges, nah anak2 asli Gst Ng Kaba kaba III (Gst Ngr Aseman, Gst Ng Nyambu, Gst Ng Keladian tdk terima dan berontak, beberapa kali perlawanan akhirnya kalah dan diminta oleh ayahnya meninggalkan Kaba kaba dengan membawa panjak dan segenap isin puri termasuk sulinggih dan beberapa kisa tanah sebagai ciri bahwa Abian Semal (puri gst Ng Aseman selanjutnya) sah secara sunia membawa leluhur mereka. Maka bibangunlah pelinggih Batur (ibu) Rong enam, sampai krg msh ada

    BalasHapus
  3. I GST Ngurah ASEMAN bukan kalah sama i GST Ngurah teges tetapi i Gusti Ngurah teges lah yang kalah dan d sebelah Utara kaba2 ada nama desa dadakan....di situlah i GST Ngurah teges dedek ato kalah dengan i GST Ngurah ASEMAN.....dan akibat kekalahan itu i Gusti Ngurah teges melapor dengan ayahnya yg notabene ny itu trah dalem Klungkung ....dan singkat cerita d Puri kaba2 terjadilah forum....karena i GST Ngurah ASEMAN tidak mau darahnya bercampuran sama dalem Klungkung...makany beliau pergi menuju desa aseman Kerobokan membawa pusaka dan pasukan perang.....singkat cerita karena i Gusti Ngurah ASEMAN itu putra mahkota asli dan membawa pusaka dari Ida bhatara ¢ri Arya belog...maka i GST ayu Oka pada jaman itu sebagai raja d kerjaan Mengwi meminta tolong kepada i GST Ngurah ASEMAN karena kerajaan Mengwi tidak bisa menundukkan Abiansemal yg wktu itu berkuasa i GST Ngurah Lanang dauh sakti.....karena i Gusti ayu Oka tau pusaka dari trah Arya belog di bawa sama i GST Ngurah ASEMAN.....maka dari itu i GST Ngurah ASEMAN nempur Abiansemal dan i GST Ngurah Lanang dauh sakti kalah.....itu singkat ceritanya ...kalau pengen tau sejarah yg asli jangan dari babad tapi dari purana...suksma

    BalasHapus
  4. I GST Ngurah ASEMAN bukan kalah sama i GST Ngurah teges tetapi i Gusti Ngurah teges lah yang kalah dan d sebelah Utara kaba2 ada nama desa dadakan....di situlah i GST Ngurah teges dedek ato kalah dengan i GST Ngurah ASEMAN.....dan akibat kekalahan itu i Gusti Ngurah teges melapor dengan ayahnya yg notabene ny itu trah dalem Klungkung ....dan singkat cerita d Puri kaba2 terjadilah forum....karena i GST Ngurah ASEMAN tidak mau darahnya bercampuran sama dalem Klungkung...makany beliau pergi menuju desa aseman Kerobokan membawa pusaka dan pasukan perang.....singkat cerita karena i Gusti Ngurah ASEMAN itu putra mahkota asli dan membawa pusaka dari Ida bhatara ¢ri Arya belog...maka i GST ayu Oka pada jaman itu sebagai raja d kerjaan Mengwi meminta tolong kepada i GST Ngurah ASEMAN karena kerajaan Mengwi tidak bisa menundukkan Abiansemal yg wktu itu berkuasa i GST Ngurah Lanang dauh sakti.....karena i Gusti ayu Oka tau pusaka dari trah Arya belog di bawa sama i GST Ngurah ASEMAN.....maka dari itu i GST Ngurah ASEMAN nempur Abiansemal dan i GST Ngurah Lanang dauh sakti kalah.....itu singkat ceritanya ...kalau pengen tau sejarah yg asli jangan dari babad tapi dari purana...suksma

    BalasHapus
  5. Halo admin.. boleh tau refrensi cerita arya belog dari purana yang di magsud ?
    Saya cari di google tidak ada..
    Yang tiang lihat berbada dari babad dan dari yang di jelaskan di atas

    BalasHapus
  6. Saya salah satu damuh turunan ida bhatara lelangit,yang membawa pasemetonan dari kaba-kaba menuju lokapaksa,

    BalasHapus
  7. Saya tinggal di Lampung mohon dengan sangat hormat kasi saya penjelasan yg lebih jelas dan tepat/ pasti maaf klu kurang pas dlm permohonan saya..Trima kasih Gusti Putu Muditha asal Bali Sandan Wanadari Tabanan.

    BalasHapus
  8. Data dr mana ini
    Kok bisa tidak sesuai dengan babad

    BalasHapus
  9. Data dr mana ini
    Kok bisa tidak sesuai dengan babad

    BalasHapus
  10. Sejarah siapa yang berkuasa itu lah bisa buat sejarah..
    Dr tetua kami malah apa yg di ceritakan ini malah berbeda ..

    Tiyang saking trah Jro Gunung. Apa yg isi niki tdk sesuai tp jgn berbedaan ini jd pasemetonan kita trah arya belog ribut.. Perbedaan itu harusnya di jadikan 1..

    Mungkin sama sama tdk tahu yg terjadi masa lalu

    Salam rahayu.

    BalasHapus
  11. Mari duduk bersama, bersatu untuk leluhur, bnyk versi sejarah, sesuai kepentingan, tetapi kesimpulanya hanya satu, mengabdi kepada ida bhatara leluhur sri arya belog, ngiring dabdabin

    CC: Puri Gede Aseman Abiansemal

    BalasHapus
  12. Informasi diatas sudah jauh melenceng dgn babad Kaba Kaba
    Perlu pencils mencari literatur yg benar,agar informasi ke publik benar
    Sebelum penulis nebulous,perky berkoordinasi dgn yg lebih tahu tentang babad.
    Perlu digaris bawahi bahwa di dalam catatan sejarah tidak pernah ada ditulis atau dusebutkan nama Arya Tan Wikan.Yang ada hanya Arya Belog

    BalasHapus
  13. Sinampura gih ada sedikit melenceng Niki sejarahnya cuma Tyang Ten uning ne beneh Nike Cen..... Salam damai Puri gede Bakung singaraja. (Arya belog)

    BalasHapus
  14. Ampure nggih tyg metaken napi nike logo arya belog e suksme

    BalasHapus
  15. Tyang damuh ring lokapaksa Banjat asem .tyang metaken site sane ngawiton leluhur danuh ring kawitan lokapaksa.suksma infonya

    BalasHapus
  16. Men kalok arya belog yang tidak memakai nama gusti,, alias nyineb wangse,, gmna critanya,

    BalasHapus
  17. Ossa.tyg taler ten nganggen nama gusti,sapunapi sejarahnya? Tyg ngomen taler akidik,ne taen tyg baca,istrimuda dr kigusti ngurah kabakaba dipinjam(mitraina) ken anake agung,lantas okane kajenengang agung dipuri kabakaba,dan putra putra dr istri pertama keluar dr kerajaan.

    BalasHapus
  18. Tiang teteh Arya Belog Sakeng kerambitan. Punapi ceritane Wenten Arya Belog ring kerambita Nanging sampun nyineb wangsa??? Tiang nunas penjelasan utawi sulurnyane. Ampura Yen tiang Wenten Kwang!

    BalasHapus
  19. Sejarah yg asli itu pd abad 16 I Gst ngr Aseman itu diutus oleh raja Mengwi krn kaba2 adalah kerajaan bawahan mengwi, bukan raja mengwi minta tolong..menurut berbagai sumber sejarah menyatakan sama.jadi raja kaba2 bukan bawahan dalem segening lg pd masa itu..lalu saat penyerangan ke abiansemal, krn Gusti Lanang Dauh sakti tdk bs dikalahkan oleh Gusti Aseman, akhirnya digunakan cara tidak kesatria yaitu saat malam Gusti Aseman menikam Raja Abiansemal saat tidur.. akhirnya masuklah pasukan mengwi mengambil alih Puri Abiansemal singkat cerita kemudian Raja Badung menaklukan Raja Mengwi dan Raja Kaba2 pun otomatis tunduk

    BalasHapus
  20. Dari sekian info yang saya dengar dan baca,banyak perbedaan cerita asal usul arya belog ini...
    Entah info cerita mana yang harus saya percayai..

    BalasHapus